27 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan



Silahkan dibaca sampai HABIS.
Manfaat Luar Biasa Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Kencur merupakan tanaman obat yang jenisnya termasuk dalam suku temu-temuan. kencur dalam bahasa lainnya Kaempferia Galanga I. Tumbuhan kencur ini juga tanaman berjenis temu kecil yang biasanya tumbuh subur di daerah pegunungan dengan tanah gembur dan cukup air. Tapi jenis tanaman ini juga bisa ditanam di dalam pot dan pekarangan rumah yang tidak terlalu basah dengan tempat yang agak naung.
Tanaman kencur ini mempunyai beberapa helaian daun biasanya 2-3 lembar jarang sekali berdaun 5 helai. Bunganya majemuk yang tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga sebanyak 4-12 buah. Dan bibir bunganya (labellum) berwarna lembayung dengan dominan putih, daging buahnya berserat dan lunak, berwarna putih, kulitnya coklat dan rimpang dengan aroma yang khas.
Tanaman kencur atau kaempferia berasal dari India, kemudian tersebar ke negara lain. Mulai dari Nusantara, Asia Tenggara, bahkan sampai diintroduksi ke Australia utara. Hampir semua rempah-rempah di Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal termasuk kencur ini.
Obat herbal dengan olahan bahan kencur digunakan sebagai penambah nafsu makan untuk anak-anak. Sedangkan orang Bali menggunakan daun kencur untuk campuran urap. Manfaat kencur secara umum dipakai sebagai obat tradisional (jamu), tapi juga bisa untuk bahan industri kosmetik, penyedap rasa minuman dan rempah-rempah.
Kalau membahas jamu kencur, tentu tidak tidak asing lagi bukan? Jamu kencur sangat familiar sejak dulu karena banyak khasiatnya. Dengan rasanya yang khas yaitu manis dan seger membuat banyak suka mengkonsumsi jamu ini. Dan khasiatnya diantaranya sebagai berikut :
Mengurangi pegal-pegal.
menyegarkan tubuh dan meningkatkan stamina.
meredakan rasa nyeri.
mencegah jerawat serta obat pelangsing.
Langkah-langkahnya mudah untuk membuat jamu beras kencur sendiri di rumah :
Jamu beras kencur mempunyai komposisi yaitu kencur sebagai bahan utama, jahe, asam, beras, dan gula merah. Pertama beras disanghai sampai matang dan haluskan dengan ditumbuk lalu semua bahan tadi tumbuk sampai halus juga. Setelah itu campurkan semua bahan yang sudah ditumbuk dan rebus sampai mendidih. Setelah mendidih lalu saring dan jadi jamu kencur yang siap diminum. tapi lebih enak lagi jika dicampur dengan es atau didinginkan dulu.
Tanaman kencur dijadikan bahan utama jamu tradisional karena banyak kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan kandungan sebagai berikut :
Mineral sebesar 13,73%
Gom
Minyak atrisi sebesar 0,02% berupa asam anisat, asam metal, alkaloid, penta dekaan, asam sinamat, berneol, etil esterka, kamphene, paraeimarin, dan sineol.
Pati 4,14%
Kandungan diatas dijadikan sebagai bahan jamu tradisional. Karena banyak manfaatnya bagi tubuh. Manfaat-manfaat lainnya bisa dijelaskan sebagai berikut :

1. Dapat Menurunkan Kolestrerol Dalam Darah.
Aliran empedu dapat ditingkat dengan mengkonsumsi kencur. dan fungsi cairan empedu membantu penyerapan makanan dalam tubuh. Caranya dengan konsumsi ramuan jamu kencur.
2. Menjaga Kesehatan Pada Tubuh
Kandungan antioksian bisa mencegah penyakit yang ingin menyerang tubuh sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.
3. Meningkatkan Nafsu Makan
Kandungan minyak atrisi pada kencur memiliki sifat carminative yang bisa menambah nafsu makan.
4. Manfaat Kencur Sebagai Pelangsing Tubuh
kencur sebagai obat pelangsing tubuh karena ada beberapa kandunganya yang dapat membakar lemak dalam tubuh.
5. Mengobati Radang Sendi
Kandungan kurkumin di dalam kencur berfungsi untuk obat radang sendi dan radang sendi sama dengan fenilbutazon 100 miligram.
6. Manfaat Kencur Untuk Obat Batuk
Gejala atau batuk ringan dapat diobati dengan mengkonsumsi kencur. Caranya dengan bersihkan kulit kencur lalu diparut. setalah itu di diperas diambil sarinya. Sebagai bahan campurannya berupa setetes air jeruk nipis dan sedikit madu. Diminum 3 kali sehari.
7. Khasiat Kencur Untuk Mengobati Kembung
kembung akibat masuk angin dapat diobati dengan mengkonsumsi kencur juga. Yaitu dengan mengkonsumsi kencur 2 kali sehari. Bisa dengan cara mengupas kulit kencur dan memakan langsung dengan sedikit garam dan minum air hangat.
8. Mengobati Influenza
Influenza dapat diatasi dengan mengkonsumsi kencur yaitu dengan menumbuk kencur sampai halus dan daun kemukus. Oleskan ke hidung langsung yang kena influenza.
9. Membersihkan Darah Kotor
Kencur ini juga membersihkan darah kotor dengan resep kencur sebagai berikut :
Mencuci 4 rimpang kencur lalu parut.
2 kenceh kering.
Adas dan 2 lembar daun trengguli
campurkan semuanya kedalam panci dengan air 1 liter lau rebus hingga mendidih. minum 2 kali sehari.
10.Mengobati Sakit Perut
Mulas sakit perut bisa diobati dengan kencur. Dan cara mengolahnya sebagai berikut, cuci 1 rimpang kencur dan parut. Tambahkan air hangat 2 sendok makan dengan sedikit garam. Maka minum lah 2 kali sehari.
11.Mengobati Diare
sakit perut karena diare bisa diatasi dengan kencur dengan cara cuci dan haluskan 2 rimpang kencur dan bawang merah lalu bungkus dengan daun pisang. Setelah itu bakar bungkusan sampai hangat dan oleskan perut yang sakit.
12.Manfaat Kencur Mengobati Sakit Kepala
Menggunakan obat alami untuk sakit kepala dengan olahan kencur juga bisa. Yaitu dengan 4 lembar daun kencur lalu tumbuk sampai halus. setelah itu oleskan atau kompres ke kening kepala yang pusing.
13. Mengobati Radang Lambung
kencur juga bisa mengatasi radang lambung dengan cara diparut dan diambil sarinya kemudian diminum.
14. Mengobati Keseleo dan Luka Bengkak
tangan, kaki, atau anggota tubuh lainnya yang keseleo ataupun luka bengkak dapat diobati dengan olahan kencur. Caranya cuci bersih 1 rimpang kencur dan rendam beras. setelah itu tumbuk keduanya sampai halus. Lalu oleskan ke bagian tubuh yang keseleo atau bengkak.
16. Mengobati Kencing Batu
Obat herbal alami dari kencur dapat juga mengobati kencing batu. Caranya Memarut 2 rimpang kencur yang sudah bersih. Sediakan air panas lalu campur dengan kencur yang sudah diparut. Dan seduh air kencur tersebut.
17. Manfaat Kencur Untuk Kecantikan dan Wajah
Dalam kecantikan kencur berhasiat untuk mengatasi jerawat. Dengan cara pertama dengan memarut kencur yang sudah dicuci. Ambil sarinya dan oleskan ke wajah sebagai masker.
Kedua bisa dengan memotong-memotong kencur lalu oleskan ke wajah. diamkan 30 menit lalu bilas denganair hangat. Maka wajah akan terlihat lebih cerah dan segar.
18. Manfaat Kencur Untuk Suara



ELPLUS : OBAT HERBAL ALAMI.
BAHAN_BAHAN YANG TERKANDUNG DALAM ELPLUS.
1.BAWANG DAYAK.
2.SAMBILOTO.
3.SARANG SEMUT.
4.BROTOWALI.
5.KENCUR..
semua di Racik dalam 1 Proses berbentuk Kapsul.

Silahkan Buka foto DI link ini= https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2059160521050451&id=100008695682885
 Info pemesanan : 082247947361.

Comments