Pengurus Daerah ABKIN NTT Resmi Dilantik Periode 2023-2024

Pengurus Daerah ABKIN NTT Resmi Dilantik Periode 2023-2024

 

   Pengurus Daerah (PD) Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi dikukuhkan oleh Pengurus Besar (PB) ABKIN. Kegiatan yang dilakukan secara hybrid, yaitu kombinasi daring dan luring berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

    Pengurus Daerah (PD) Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Provinsi Nusa Tenggara Timur berhasil dibentuk kembali melalui Konferensi Daerah (KONFERDA) pada tanggal 25 Agustus 2023 di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Nusa Cendana. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari kalangan akademisi dan praktisi bimbingan dan konseling di wilayah NTT. Sebanyak 34 peserta hadir secara offline dan 45 hadir secara online. Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (PB ABKIN) menyambut positif kegiatan Konferda ini dimana pada kesempatan ini sambutan disampaikan secara online oleh bapak Fathur Rahman Bahrinsyah, S.Pd., M.Si (Sekretaris Jenderal PB ABKIN). Beliau menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan Konferda ini maka pengurus di daerah akan terbentuk sebagai perpanjangan tangan PB ABKIN dalam menggaungkan kembali posisi dan peran bimbingan dan konseling. Kebijakan-kebijakan yang terkait dengan bimbingan dan konseling misalnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada satuan pendidikan dasar dan menengah perlu disosialisasikan kembali baik itu pada level pemerintah daerah maupun pada masing-masing satuan pendidikan. Sambutan yang disampaikan kurang lebih 10 menit ini memberikan semangat tersendiri bagi peserta Konferda. Ketua Umum PB ABKIN, Prof. Dr. Muh Fahrozin, M.Pd juga menyempatkan hadir secara online ditengah-tengah kesibukan beliau yang sedang kunjungan kerja. Beliau juga menyambut baik kegiatan ini dan memberikan beberapa informasi-informasi penting terkait regulasi yang sedang digagas oleh PB ABKIN. Kegiatan Konferda yang berlangsung selama satu hari ini menghasilkan beberapa keputusan diantaranya program kerja PD ABKIN periode 2023  2024 dan penetapan bapak Putu Agus Indrawan, M.Pd selaku Ketua PD ABKIN Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk periode kepengurusan 2023  2027 yang dipilih secara  aklamsi. 

  Dan kemarin Sabtu, 9 September 2023, Pengurus Daerah Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (PD ABKIN) Provinsi Nusa Tenggara Timur resmi dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Asosiasi Bimbingan & Konseling Indonesia (ABKIN) Prof. Dr. Muh Fahrozin, M.Pd. Pelantikan ini berlangsung secara hybrid bertempat ini Ruang Micro Teaching Lt. 2 Kampus B Universitas Nusa Cendana. Dalam Sambutannya, beliau menyampaikan selamat atas dilantiknya Pengurus Daerah (PD) ABKIN Provinsi Nusa Tenggara Timur periode 2023  2027. Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa semua siap mendukung untuk suatu perubahan pada profesi Bimbingan dan Konseling terutama di Nusa Tenggara Timur, satu tantangan yang dihadapi oleh pengurus PD ABKIN Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah bagaimana melakukan perubahan yang signifikan, peningkatan mutu pelayanan profesi Bimbingan dan Konseling terutama pada satuan pendidikan,saya harap pengurus terpilih rapatkan barisan melakukan Komunikasi, Musyawarah dan Pelatihan-Pelatihan pada guru Bimbingan dan Konseling di Nusa Tenggara Timur yang berorientasi ke peningkatan kompetensi bagi guru Bimbingan dan Konseling dan tela’ah tentang layanan dasar pada Bimbingan dan Konseling, “karena layanan dasar merupakan satu layanan bimbingan yang diberikan kepada seluruh peserta didik tidak diskriminatif dan tidak membeda-bedakan karena itu lebih berorientasi preventif dan developmental untuk itu saya katakan kalau bisa buatkan pelatihan karena itu sangat penting apa yang harus dilakukan, dicermati, diterapkan”, tegasnya.. 

  “Harapan saya seluruh pengurus daerah, cabang maupun para guru, mahasiswa harus memiliki dan atau memahami tentang Esensi dari Kode Etik Bimbingan Dan Konseling Indonesia, dengan penuh harap kualitas pelayanan akan senantiasa meningkatakan mutu berdasarkan Kode Etik.” 

   Beliau juga mengundang secara lisan kepada Pengurus Daerah ABKIN NTT yang telah dilantik untuk ikut serta dalam kegiatan Konvensi Nasional XXIII dan Kongres ABKIN yang akan dilaksanakan tanggal 22-24 Oktober 2023 di Kuta-Bali. 

   Ketua Pengurus Daerah (PD) ABKIN Provinsi Nusa Tenggara Timur periode 2023  2027 bapak Putu Agus Indrawan, M.Pd yang baru dilantik memberikan sambutan yang menegaskan bahwa  "ABKIN NTT menjadi wadah organisasi profesi BK di NTT bagi guru BK, Dosen BK, Pemerhati Pendidikan bidang BK. Aktifnya kembali Organisasi Profesi semoga menjadi langkah pertama untuk mengeksiskan Profesi BK dan Layanan BK di Masyarakat. Bahwa sesungguhnya penerima layanan BK (siswa) membutuhkan kesejahteraan dan pengembangan potensinya, akan tetapi peran guru BK terbatas karena beberapa kendala. Antara lain; kendala fasilitas dan waktu khusus layanan ke dalam kelas sebagai akibat perubahan kurikulum. Maka bagaimana mungkin kesejahteraan psikologis siswa bisa terpenuhi jika hanya berfokus pada pengembangan pengetahuan/intelektual siswa. Oleh karena itu, peran guru BK di sekolah sangatlah strategis mengambil bagian untuk itu."

   Terakhir dalam sambutanya ketua PD ABKIN NTT akan melakukan konsolidasi dengan pemerintah daerah baik di Provinsi maupun Kota/Kabupaten agar terwujudnya aspirasi dan program-program kerja ABKIN NTT hingga tahun 2027 ke depan. 

    Acara pelantikan dihadiri juga Bapak/Ibu Guru Bimbingan dan Konseling, Dosen Bimbingan dan Konseling UNIKA, UNDANA, UNASDEM, IAKN Kupang, UPG 45, mantan wakil Walikota Kupang Bapak Daniel Hurek yang merupakan pemerhati Pendidikan Bidang Bimbingan dan Konseling."yf/Pd

 

Struktur Pengurus Daerah ABKIN NTT Periode 2023-2027

Dewan Pembina

1. Gubernur Provinsi NTT

2. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT

3. Kakanwil Kemenag Provinsi NTT

4. Drs. Benediktus Labre, M.Psi

5. Drs. Daniel Hurek


Dewan Kode Etik Bimbingan dan Konseling

Ketua : P. Dr. Stefanus Lio, SVD., MA

Sekretaris : Dra. Maria Erlinda, M.Pd

Anggota :

 1. Dr. Uda Geradus, M.Pd

2. Drs. Yohanes Demon, M.Si

3. Dr. Immanuel Lohmay, M.Pd

 

Pengurus Daerah

Ketua : Putu Agus Indrawan, M.Pd

Ketua I : Drs. Wens Nagul, M.Pd.,Kons

Ketua II : Anita R. H. Sjaharia, S.Sos.I

Ketua III : Joris Taneo, M.Pd

Sekretaris : I Putu Agus Apriliana, M.Pd

Sekretaris I : Elsyana Peni Waleng, S.Pd

Sekretaris II : Wilhelmina Olok, M.Pd

Sekretaris III : Yefta S.K. Tlonaen, S.Pd.,Gr

Bendahara : Enasely Mega Wenyi Rohi, M.Psi

Wakil Bendahara : Yublina Elisabeth Mone, S.Pd


Bidang 1 – Organisasi dan Kerjasama

Ketua : Jakobus Fransiskus Soa Folo, S.Pd S

ekretaris : Theresia Jerahi, S.Pd

Anggota :

1. Verty Herijatty Nepa, S.Pd

2. Maximus Edon, S.Pd.,Gr

3. Gregorius Loe, S.Pd.,Gr

4. Febriana, S.Pd.,M.Pd

5. Imanuel YP Bilibora, S.Pd.,M.Pd

 

Bidang 2 – Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian

Ketua : Ferdinan Leonadus Lopo, S.Pd., M.Pd

Sekretaris : Katharina EP Korohama, M.Pd

Anggota :

1. Elisabet Letek Sabon, S.Pd.,Gr

2. Linda Lidia Falukas, S.Pd

3. Donatus Pikan, S.Pd

4. Maria Elfrida In, M. Psi

 5. Dedy Achmad, S.Pd

6. Benyamin Ngongu Kabata, SE., M. Pd.

 

Bidang 3 – Humas dan Publikasi

Ketua : Lolang Maria Masi, M.Pd

Sekretaris : Edwin Lejap, M.Pd

Anggota :

1. Abdul Rahim Kenta, S. Pd, Gr

2. Ofliana Deliyati Mone, S.Pd

3. Melania Ego, S.Pd

4. Andriani Paulin Nalle, M.Ed (CPEP)

5. Paulinus Alexander Satriano Uda, M.Pd

 

Ketua Divisi IBKS : Yuiron Sepriadi Mbuik, S.Pd, Gr

Ketua Divisi IBKPT : Rizky Ariyance MA Abel, M.Pd

Ketua Divisi IIBKIN : Drs. Gabriel Laba Mussa, M.Pd





Comments